Kamis, April 02, 2009

Tau ga sih lo?


Menurut kalian, internet itu media massa bukan sih??

Banyak perdebatan di kalangan orang-orang yang berkompeten dalam bidang media massa tentang internet sebagai media massa. Menurut Priyambodo RH, Wartawan LKBN ANTARA dan Pengajar Cyberjournalism di Lembaga Pers Dr Soetomo/LPDS,

Wartawan di tengah kemajuan teknologi informasi agaknya tidak lagi menghadapi masalah bagaimana mengirimkan berita secepat, seakurat dan selengkapnya.”

Nah pendapatnya tersebut memang dapat dibenarkan karena untuk menyajikan berita yang cepat, akurat dan lengkap memang dibutuhkan suatu teknologi. Teknologi tersebut ialah internet. Dalam buku terbitan Harcout Brace & Company pada tahun 1995, Randy Reddick dan Elliot King mengatakan,

Walaupun demikian, dalam bentuknya yang sekarang pun, Internet sangat berguna karena wartawan dapat melaksanakan tugas utamanya mengumpulkan dan menyampaikan informasi pada khalayak secara lebih mendalam dan efisien.


Istilah atau nama dari jurnalistik yang menggunakan internet adalah cyberjournalism” atau “online journalism”. Berita yang ditampilkan melalui internet itu bisa beragam lho dan ga seperti media lainnya yang hanya bisa menayangkan atau menyajikan berita dalam satu cara. Jadi kalau dengan berita di internet, kita bisa melihat tulisan, gambar, suara, maupun video sekaligus. Hal itulah yang membuat internet lebih menarik dibandingkan dengan media massa lainnya. Jurnalistik melalui internet ini memang dapat membebaskan orang untuk memasukkan informasi yang mereka ketahui. Salah satu contohnya yang sedang sangat berkembang saat ini adalah "Citizen Journalism". Citizen Journalism pun sebenarnya punya kekurangan dibalik bebasnya orang memberika informasi. Kekurangan itu diantaranya, karena setiap orang bisa memasukkan informasi tapi kebenarannya masih diragukan dan kita belum tahu apakah orang tersebut memiliki kredibilitas dalam menyampaikan informasi itu.


Nah karena itu, kami berpendapat bahwa pernyataan dari Bpk. Dandi Supriadi (salah satu dosen Fikom Unpad) mengenai "Internet bukan media massa" belum tentu benar. Pendapat kami pada mulanya memang internet belum bisa dikatakan sebagai media massa dikarenakan hal-hal yang disebutkan diatas, namun seiring dengan perkembangan zaman akan banyak media massa cetak maupun elektronik yang beralih atau mulai menggunakan internet sebagai alat penyebaran informasi.

Bisa kita lihat Kompas, Seputar Indonesia (Okezone.com), Galamedia, Tempo, dan masih banyak lagi media massa lainnya telah memiliki situs yang isinya pun tidak jauh dengan informasi di medianya tersebut.

Walaupun memang internet bisa dijadikan media massa, tapi jangan lupa...... sumbernya yang terkadang masih rancu dan beritanya sangat bebas, perlu portal maupun peraturan dalam menyampaikan informasi. Sehingga bisa dikatakan bebas bertanggung jawab.

Ok! Siapkah anda berperan dalam media massa internet?


20 komentar:

  1. klo menurut saya internet itu merupakan media massa. karena internet pun juga dapat berisi informasi dan berita. karena internet sendiri dapat berupa media visual maupun audiovisual.. :)

    BalasHapus
  2. internet merupakan cikal bakal istilah dari globalisasi dmn tidak ad hambatan bg org mndapatkan informasi dimana dia berada maupun kapan dia ada,,bgtu juga dngan informasi yg dia peroleh dr mn saja maupun waktunya...internet merupakan media massa karena merupakan sumber informasi,,yg d gunakan sekarang oleh khalayak banyak mahkluk hidup...
    dalam hal ini media massa ini tergolong media elektronik,,dalam mndapatkan informasi,,dan berita perkembangan zaman,,,

    BalasHapus
  3. Tulisan biru dan merah susah kebaca :D

    BalasHapus
  4. Menurut saya secara pribadi, internet merupakan media massa. Definisi media massa itu sendiri ialah "bagian dari media yang ditujukan dan didesain untuk orang banyak".

    Dengan segala kekurangan apapun yang internet punyai, tetap saja internet merupakan media massa karena internet merupakan media yang ditujukan bagi orang banyak. Memang terdapat kekurangan. Namun coba kita lihat Wikipedia. Siapa saja bisa mengedit wikipedia. Namun apakah karena siapa saja bisa mengedit wikipedia kita dapat katakan bahwa wikipedia tidak benar?

    Memang ada sekelompok orang yang menyajikan berita2 yang kurang meyakinkan di internet, namun lebih banyak lagi yang menyajikan berita yang akurat dan tepat.

    Internet adalah media massa. Masa depan ialah Internet.

    BalasHapus
  5. online journalism? kenapa nggak?
    ditinjau dari berbagai aspek, lebih banyak hal menguntungkan yang bisa diambil dari penyebaran media massa lewat internet. tapi tidak bisa kita pungkiri bahwa masih banyak celah yang bisa membobol kenyamanan internet bagi para penggunanya. untuk berperan serta? siap tidak siap kita sudah memasuki era tersebut. ikuti perkembangan zaman tanpa terseret arus. dengan tidak adanya pengawas dalam dunia maya, maka harus lebih hati2 dalam menyaring informasi.

    BalasHapus
  6. menurut saya internet itu merupakan media masa, hanya saja internet berupa elektronik.
    Dan semua kalangan bsa menikmatinya.

    BalasHapus
  7. menurut saya internet merupakan salah satu contoh media massa.. ini dikarenakan banyak informasi dan berita yang dapat kita temukan di internet. internet juga digunakan sebagai media untuk menyebarkan kabar-kabar, baik yang lama maupun yang baru.
    selain itu, internet dapat diakses oleh banyak sekali orang diseluruh dunia.

    BalasHapus
  8. Menurut saya, internet sendiri media massa.
    Walupun kbenaran itu sndiri diragukan, tetap saja bukan berarti hal yg tidak benar itu bukan media massa. Lihat saja di televisi sekarang, apakah acara gosip itu bukan berada di media massa?
    Padahal acara gosip itu kebenarannya diragukan. Bahkan tidak sehat bagi pikiran kita. Kita terbiasa mengurusi urusan orang lain yang tidak ada hubungannya dengan kita

    BalasHapus
  9. setau saya,,internet itu belum sah dikatakan sebagai media massa..
    terima kasiih..

    BalasHapus
  10. menurut gw internet tuh media massa,,
    dulu awalnya emg tdk terpikirkn untuk sejauh ini
    tp perkmbangannya skarang menunjukkan klo internet sdh mnjd media massa
    bhkan yg plg update tuh internet deh...

    mungkin saat ini kberadaannya msh blum disahkan,,
    mnurut gw tinggal tunggu aja...

    BalasHapus
  11. Basar Daniel

    Menurut Saya. Di jaman sekarang ini, bukan bagaimana mendapatkan sebuah informasi. Tetapi bagaimana supay informasi itu sampai kepada pembacanya dengan efisien.

    Intenet menawarkan efisiensi dalam menyampaikan sebuah informasi

    Di Indonesia, media masih dipengaruhi oleh kepentingan-kepentingan dari beberapa golongan. Jadi, mengenai kebenaran Informasi masih harus dipertanyakan.

    BalasHapus
  12. gw stuju kalo internet bukan hanya sebagai media masa...media masa itu sebagai salah satu fungsinya internet. Skarang internet dikalangan banyak orang juga dipake buat berkomunikasi. Jadi mnurut gw sih,internet punya banyak peran dan fungsi...salah satunya ya media masa itu, tapi internet bisa jadi salah satu bentuk komunikasi dengan org lain. Bisa juga sebagai sumber informasi...Trus gw stuju banget tentang pernyataan kalo internet itu bebas bertanggung jawab. Jadi sebenarnya kita-kita sendiri yang harus menilai apa bahan atau topik yg kita publish di internet layak atau gak...yah,sgitu dulu ya...Bener salahnya terserah anda. Namanya juga opini,hehehehe....(wulan Sp)

    BalasHapus
  13. Keren.. Keren..
    sebenernya pengen. bisa nulis2 kayak gini..
    cuma setiap kali nulis pasti berhenti tengah jalan.

    minta pencerahannya ya.. byar bisa nulis lancar..
    hehe..

    BalasHapus
  14. Klo mnrt aq sh internet bsa jg disebut sbg media massa. Cs sk ud bnyk situs2 yg berisi tentang berita2 gtu (okezone,detik). Tp krg tau jg klo pndgan dri org2 jurnalistik tentang internet sbg media massa atau bkn.
    Sya, mending blognya dtmbhin 'shoutmix' juga . Oya, jd member ya d rumah_edukasi@yahoogroups.com .Bwt tgs dosen . hehe

    BalasHapus
  15. INYESSS numpang ngomen deh...

    SAYA ABU-ABU AJA DEH

    setengahnya pro...soalnya internet emang bikin informasi lbh cpt sampai ke masyarakat n mnjangkau banyak orang,,trus punya dampak yang positif buat kalangan anak muda/mahasiswa yang butuh banyak informasi...lbh praktis juga daripada media cetak, tinggal ketik2 langsung nyambung...

    setengahnya lagi kontra
    kayak artikel di atas bilang,,orang bisa sembarangan ngasih informasi yang kurang bs dpercaya,,itu kan malah menyesatkan jadinya,,,internet juga bisa di HACK,,serem kan klo ada orang2 yang make internet buat nyebarin isu2 negatif ato tujuannya adu domba...hiiiiiiyy...sereeemmm,,,
    makanya jangan terlalu percaya juga sih ama internet!

    BalasHapus
  16. INYESSS numpang ngomen deh...

    SAYA ABU-ABU AJA DEH

    setengahnya pro...soalnya internet emang bikin informasi lbh cpt sampai ke masyarakat n mnjangkau banyak orang,,trus punya dampak yang positif buat kalangan anak muda/mahasiswa yang butuh banyak informasi...lbh praktis juga daripada media cetak, tinggal ketik2 langsung nyambung...

    setengahnya lagi kontra
    kayak artikel di atas bilang,,orang bisa sembarangan ngasih informasi yang kurang bs dpercaya,,itu kan malah menyesatkan jadinya,,,internet juga bisa di HACK,,serem kan klo ada orang2 yang make internet buat nyebarin isu2 negatif ato tujuannya adu domba...hiiiiiiyy...sereeemmm,,,
    makanya jangan terlalu percaya juga sih ama internet!

    BalasHapus
  17. terima kasih atas komennya..
    memang saat ini masih banyak perdebatan yang pro maupun yang kontra terhadap penggunaan internet sebagai media massa. Harapannya apabila internet menjadi media massa, internet tetap dapat sesuai dengan kaidah-kaidah jurnalistik yang berlaku terutama dalam memuat suatu informasi atau berita.

    BalasHapus
  18. Meninjau dari tulisan berjudul "Umur Tak Jadi Masalah" Menurut saya ini bisa dijadikan cerminan dari lemahnya sistem perekonomian negara kita dimana umur-umur non-produktif (umumnya diatas 60 tahun) masih berushaa untuk memenuhi kebutuhan hidupnya.

    Untuk memperbaiki hal tersebut moment pemilu saat ini dirasa tepat guna memilih calon wakil rakyat yang dianggap bisa menampung aspirasi rakyat tidak terkecuali seorang Ibu seperti Ibu Cihameh. Artikel yang bagus

    BalasHapus
  19. Internet adalah media massa, terlepas dari benar tidaknya berita yang disampaikan.

    BalasHapus

teman... maaf sumbernya ketinggalan neh.
Sumber: http://cyberjournalism.wordpress.com/2007/08/07/hello-world/
Selamat memberikan komentar