Rabu, April 22, 2009

Handphone Eco-friendly


Baru-baru ini beberapa perusahaan telepon selular mulai mengeluarkan produk yang mengusung tema ramah lingkungan. Faktor ekologi seperti global warming merupakan salah satu alas an bagi perusahaan-perusahaan tersebut menciptakan telepon selular yang tidak merusak lingkungan dan dibuat dengan bahan-bahan yang dapat meminimalisir emisi karbon dan pemakaian bahan bakar industri.

Perusahaan itu adalah LG dan Samsung (raksasa elektronik dari Korea Selatan). LG mengeluarkan handphone yang menggunakan tenaga surya untuk mengisi ulang baterainya. Sampai saat ini handphone itu belum memiliki nama. Baterai handphone LG tersebut tahan bertelepon selama tiga menit setelah panel surya handphone itu dikenai sinar matahari selama 10 menit. Apabila panel surya terkena sinar matahari lebih lama, maka baterai handph
one terisi lebih banyak energi sehingga handphone bertenaga surya itu dapat beroperasi lebih lama seperti handphone biasa.
LG menambahk
an, handphone bertenaga surya itu bisa juga di charge dengan listrik seperti handphone biasa. Namun, panel surya pada handphone tersebut dapat digunakan pada keadaan darurat dimana pengguna berada pada tempat yang tidak memiliki aliran listrik.
"LG terus berinvestasi untuk menciptakan produk-produk yang tidak hanya mampu menyajikan pengalaman terbaik pada pelanggan, juga mendorong gaya hidup ramah lingkungan,"s
ebut President and Chief Executive Officer LG Electronic Mobile Communications Co Dr. Skott Ahn.

Samsung juga mengeluarkan dua produknya yang ramah lingkungan, yaitu W510 dan F268. Samsung W510 terbuat dari "bioplastic", yang diproduksi dengan material alami yang diekstrak dari jagung. Sedangkan untuk Samsung F268 terbuat dari bahan yang bebas dari kandungan BFR (Bromined Flaime Retardants) atau PVC dan menganut aturan dari Energy Star, yang merupakan aturan guideline dari EPA (Environmental Protection Agency) milik Amerika dan Departemen Energi Amerika. Selain itu, Samsung F268 juga memiliki alarm yang akan berbunyi apabila baterainya sudah penuh dan dapat mendorong konsumen untuk segera mencabut charger setelahnya.

Selain itu masih ada handphone keluaran Samsung lainnya yang ramah lingkungan, yaitu ponsel Blue-Earth. Handphone ini terbuat dari PCM (bahan plastik hasil daur ulang botol bekas air minum) dan memiliki teknologi full-touchscreen dalam pemakaiannya. Solar panel pengisi daya sendiri dapat kita lihat di bagian belakang Samsung Blue-Earth ini. Daya dan pemakaiannya sama dengan handphone keluaran LG diatas. Untuk setting ponsel, Samsung Blue-Earth ini juga dilengkapi opsi "Eco-Mode" yang meliputi: pengaturan screen brightness, pengurangan durasi backlight, dan mematikan fungsi bluetooth. Handphone ini mulai pertama kali akan dipamerkan di Mobile World Congress di Barcelona.

Handphone ini merupakan perkembangan dari telepon selular biasa yang dikenal tidak ramah lingkungan karena bahan bakunya menggunakan bahan-bahan berbahaya bagi lingkungan maupun penggunanya.
Saat ini banyak handphone yang memiliki banyak fitur yang lengkap, tetapi sangat disayangkan karena tidak ramah lingkungan dan hanya beberapa fitur saja yang digunakan orang-orang. Berbeda dengan ponsel eco-friendly ini yang walaupun tidak memiliki banyak fitur tapi ramah lingkungan.

Dampak yang ditimbulkan dari teknologi ini adalah mulai banyak perusahaan-perusahaan elektronik yang memikirkan bagaimana produk mereka bisa ramah lingkungan. Akhirnya mereka pun berlomba-lomba untuk menciptakan berbagai produk yang ramah lingkungan. Memang produk ini masih memiliki berbagai kekurangan, terutama pada energinya yang terbatas oleh kuatnya cahaya matahari maupun ketahanan energi dalam baterai.

Sumber:
  • Majalah Forsel edisi April 2009
  • http://www.teknologinet.com/2009/02/persaingan-lg-di-segmen-handphone-ramah.html
  • http://www.beritanet.com/Hardware/Handphone/samsung-bioplastic-handphone-nokia.html
  • http://www.beritanet.com/Hardware/Handphone/Samsung-Blue-Earth.html
  • http://www.mallponsel.com/blog/berita/samsung-bikin-ponsel-ramah-lingkungan.html
  • http://www.beritateknologi.com/ponsel-ramah-lingkungan-dari-samsung/
  • http://www.selularshop.co.id/emag_news.php?news=2351&SSid=50daceda9f13cb18ca4e62d0f507152a
  • http://www.megahcellular.com/web/main/news.php?c=2&id=619

12 komentar:

  1. Basar Daniel:
    Saya sangat setuju dengan adanya produk-produk yang ramah lingkungan, sudah terlalu banyak hal negatif yang disebabkan oleh tehnology. Kalau kita sebagai manusia menginginkan dunia ini untuk tetap menjadi rumah bersama, maka kita juga harus memiliki dampak terhadap perubahan-perubahan kearah yang lebih positif.

    sebuah usul, bisa saja kita nantinya menggunakan produk-produk tersebut atau mungkin dengan mengkampanyekannya didalam lingkungan keluarga dan kerabat. Minimal upaya itu harus digalakkan.

    BalasHapus
  2. betul... memang banyak teknologi yang saat ini diciptakan merusak lingkungan....
    Semoga untuk perkembangannya semakin banyak produk yang lebih ramah lingkungan, dan semoga banyak orang yang mendukung produk2 seperti ini.

    BalasHapus
  3. wahh .
    bagus tuh produk itu. ramah lingkungan pula .
    jadi kan bisa ngurangin global warming .
    salut bgd sma orang yang nyiptain produk itu .
    =)

    BalasHapus
  4. wow...coooolll... :D
    Big Appreciation for the company who has the idea for this..

    Sustainability is still be concerned !

    BalasHapus
  5. yudi

    selamat kan bumi...tapi bisnis tetep jalan....heheheh hidup persib eh jurnalistik..hehe (naon sih??)

    BalasHapus
  6. sapa tuh yang anonim?
    huuuuuu...
    seruu.. setuju ama hp ini!
    udah ada di BEC blom?

    BalasHapus
  7. Setuju banget produk kyk gitu ! Sayangilah bumi kita ini .. Ya semoga aja perusahaan2 yang lain bisa bkn produk yang ramahclingkungan juga . Masa bumi dirusak terus ?!
    Tapi kira2 harganya brp y ??

    BalasHapus
  8. idenya sih gak terlalu orisinal,
    tapi penerapan ide itu yang bisa buat orang laen ikutan dan bukan cuman orang, tapi bisnis dan industri memang jadi bergerak ke arah yang lebih baik untuk masalah daur ulang ini.
    kendala terbesar justru pada budaya dan agama yang memang konservatif...
    gimana kalo sekalian riset soal ini?

    BalasHapus
  9. wah keren....tinggal masalah waktu sebelum kita menciptakan ponsel ramah lingkungan dengan fitur2 secanggih HP konvensional

    BalasHapus
  10. reading with heart:
    mungkin sudah ada... hehhehe coba di cari dulu..
    Sepertinya belum ada di Indonesia deh...

    noel:
    wah harganya.... kurang tahu d... tapi sepertinya memang belum sampai ke Indonesia deh.
    Kan orang Indonesia banyak yg lebih suka memakai Blackberry ato HP berteknologi tinggi dibanding yang ramah lingkungan.

    andi:
    wah kalau untuk riset mungkin dapat menjadi masukkan yang bagus. mungkin bisa di tunggu untuk post berikutnya. terima kasih.

    BalasHapus
  11. kren tas...
    btw tapi aq maw ksi saran ne..
    bsa ga tampilannya dibuat lebih menarik???
    biar byk yg baca

    BalasHapus
  12. kren tas...
    btw tapi aq maw ksi saran ne..
    bsa ga tampilannya dibuat lebih menarik???
    biar byk yg baca

    BalasHapus

teman... maaf sumbernya ketinggalan neh.
Sumber: http://cyberjournalism.wordpress.com/2007/08/07/hello-world/
Selamat memberikan komentar